Jumat, 12 Desember 2008

Cara Membeli Laptop



LAPTOP YANG SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA 

Belakangan ini koran-koran dan media massa dan berbagai pameran di beberapa tempat sedang gencar-gencarnya membanjiri iklan penjualan laptop murah dengan spesifikasi yang bersaing sesuai dengan kebutuhan anda.
Dari raja-raja laptop seperti Toshiba, Sony,Compaq,Acer,Asus,Dell,IBM alias Lenovo, HP, Acer.
Sampai para pendatang baru seperti ECS, A Note, Benq,Forsa,Axioo,Telebit,Zeta,Kohjinsa,Byon, Semua pasang advertensi. Dengan uang Rp 4.5 jutaan, siapa pun bisa bawa pulang laptop keren dan gaya, Dengan segala aksesoris yang dirawarkan.
Dari belasan merek dan jenis laptop yang bertebaran kira-kira mana yang cocok untuk di gunakan sesuai dengan kebutuhan kita

Berikut ini sebagian faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih laptop :

1. Tentukan batas kisaran harga
Menurut para konsultan finansial sebaiknya kita membeli berdasarkan KEBUTUHAN bukan KEINGINAN bukan pula gengsi dan gaya-gayaan jadi aturlah keuangan dalam membeli laptop tersebut.

2. Aplikasi apa yang sering dipakai:
Kalau cuma buat ngetik, bikin presentasi powerpoint, excel, internet, sesekali photoshop sekelas Intel Celeron atau AMD Sempron pun sudah cukup. Bahkan banyak sudah dilengkapi akses Wifi. Tak perlu beli laptop dengan prosesor Centrino yang mahal. Celeron/Sempron pun kuat buat Photosop-an, Corel Draw, bahkan juga QuarkExpress (mendisain dan bikin Koran). Jika ingin lebih bertenaga dengan laptop biasa, Upgrade sendiri memori atau RAM dari 256 MB menjadi 512 MB. Karena Windows XP seperti Linux kalau dipasang di komputer bermemori 256 MB terasa kurang.
Bagi yang hobi ngoprek program komputer, desain grafis yang berat, memang lebih enak pake prosesor kelas atas seperti Core 2, AMD Turion. Centrino atau Core Solo pun sebenarnya juga sudah lumayan.
Kebanyakan laptop-laptop prosesor Core Duo saat ini tidak bisa running 100 persen seperti yang diinginkan produsennya. Karena, prosesor Core 2 menuntut software baru yang cocok untuk “otaknya”. Dan sekarang ini software itu masih sedikit sekali. Baru Windows Vista (itu pun baru di launching). Jadi, aspek kecepatan yang diharapkan dari kerja laptop Core 2 agak kurang.

3. Seberapa mobile Anda
Semakin mobile pilih yang kecil dan ringan.
Rata-rata laptop beratnya 2,3-2,5 kg. Laptop ini buat ngeliput kerusuhan dan bencana alam di daerah-daerah untuk di bawa keliling lebih dari 2 jam bikin pundak dan persendian bahu lumayan cape. Idealnya buat wartawan dan penghobi traveling cari yang ringan di bawah 2 kg cuma mahal. Namun, jika bekerja hanya di kantor atau 1-2 bulan sekali kerja di kafe berat 2,3-2,5 kg masih bias di toleransi
Semakin mobile pilih baterai yang tahan lama.
Pilihan kecil, standard dan berat tergantung selera masing-masing. Tapi perlu diketahui semakin kecil bentuk laptop biasa nya mempunyai harga yg tinggi.
Rata-rata waktu siaga laptop 2,5 - 3 jam. Yang ultra low voltage seperti keluaran Fujitsu, Sony Vaio, Toshiba Portege bisa 4-7 jam.
Bagi pengguna yang bukan high frequent flyer kelas baterai yg 2,5-3 jam pun sudah cukup.

4. Layar
Bagi suka kecil tentu saja pilih layar 8, 10, 11 atau 12 inchi –> sayangnya yang kecil ini biasanya lebih mahal
Yang sedang-sedang pilih antara 13 atau 14 inchi. Yang 15 inchi biasanya lebih murah . jika ingin lebar tetapi enggak pingin kelihatan besar pilih yang wide screen. Layar 13 wide sreen lumayan, tak terlalu kecil atau gede.
Yang buat mendisain cocoknya 17 inchi tapi kebayakan dipasaran 14" Udah Lumayan dan banyak yang mempergunakan layar 14"

5. Yang perlu diingat pula laptop yang sudah kita beli sekarang cenderung harganya merosot tajam.
Dalam 2 tahun laptop bekas bisa turun harganya 2-4 juta. Jadi kalau beli laptop mahal-mahal pertimbangkan pula penyusutan nilai yg merosot tajam.
Sesuikan dengan kebutuhan yang ingin di beli dan sesuaikan dengan harhga yang di sesuaikan dengan kantong masing-masing dikarenakan dolar sekarang maunya turun dan naik jadi tidak dapat di prediksi

6. Tempat servis yang banyak tersedia
· Pilih yang menyediakan banyak layanan service, banyak bukan berarti banyak tempat service berarti banyak yang rusak tetapi memudahkan dalam melayani anda untuk repair dan konsultasi segala problem anda mengingat laptop adalah benda mobile yg sering setia menemani anda kemana - kemana

7. Reputasi merek
IBM (sekarang Lenovo) — desainnya yang kaku , tetapi kuat dan bandel, ukuran keyboard paling pas di tangan
Acer — merek taiwan desain manis, di klaim nomor satu di Eropa tahun 2006
Toshiba — pernah bertahun-tahun jadi laptop no 1 di dunia dan di Indonesia, lumayan bandel
Sony Vaio — desain yang keren dan bayak peminat. Tetapi Sayang harganya masih di angka 18-20 juta.
Hp/Compaq — disain yang kurang tettapi sekarang mulai bersaing
Fujitsu —tipe kecilnya keren.

8.Faktor lainnya seperti asesoris di antara lain ;
· koneksi Bluetooth dan infra merah,
· pengaman dengan sidik jari dan pembaca dengan wajah
· akses wi fi
· pembaca kartu SD.
Untuk ke depannya setiap laptop akan didesain sedemikian rupa dengan module CBB (Common Building Block) dimana semua laptop akan disamakan platformnya sehingga memungkinkan kita untuk merakit laptop sendiri sesuai variasi yang ada (seperti rakitan PC). Dan katanya pun laptop module CBB tsb akan mudah sekali diupgrade spt PC.


Berikut adalah tips dan saran:

1. Pastikan untuk pekerjaan apa Laptop akan dipakai dan aplikasi apa saja yang akan di instal agar anda bisa menyiapkan anggaran nya,,mengapa saya katakan ini karena nanti nya anda akan sangat bijaksana untuk menentukan pilihan yang sesuai dengan anggaran dan membatasi pilihan terkecuali jika anda memiliki banyak dana boleh memilih spesifikasi yang lebih tinggi.

2. Pilih Laptop dengan masa garansi paling lama dan lihat apa saja yang di garansi pada tahun pertama, kedua dan seterusnya baca semua peraturan yang tertulis di kartu garansi dan pilih yang mempunyai tempat service nya banyak bukan berarti banyak tempat service berarti banyak yang rusak tapi justru mereka siap untuk melayani anda dan memudahkan anda untuk repair dan konsultasi segala problem anda mengingat laptop adalah benda yang sering setia menemani anda kemana anda pergi, di pekerjaan anda apalagi jika anda sering keluar kota ataupun ke luar negeri sehingga segala masalah tidak menggangu pekerjaan anda.

3. processor dan memory sangatlah penting karena harus seimbang dengan sistim operasi dan aplikasi apa saja yang akan anda instal...
karena jika processor nya cepat tapi memory nya kecil atau sebaliknya sangat tidak menunjang untuk sistim kerja dari laptop itu sendiri jadi harus seimbang...
Misalnya anda mau laptop yang berbasis Celeron, Intel Core Duo, Core2Duo atau pun AMD jika sistim operasi nya windows xp, minimal anda pakai dengan memory mulai dari 512 Mb dan tidak lebih dari 1,5 Gb karena selain akan menambah anggaran juga tidak seimbang... kecuali kalau sistim operasi nya sudah memakai windows vista anda boleh pakai memori 2 Gb lebih dan juga tergantung dari aplikasi software yang akan di instal anda juga gratis

Selebihnya Dipikirkan terlebih dahulu dalam membeli laptop dokarenakan butuh waktu yang lama dalam menenentukan pilihan..

3 komentar:

  1. he bro..........
    ada gak laptop yang sejutaan!!!!he...3x

    kunjungin juga ya my blog di http://www.komunikasi.co.nr/
    ato di
    http://simael23.wordpress.com/

    see you!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  2. hahahha,,
    kok sma y bahasannya,,
    ntar tuker"an ilmu waee yaa,,,;p

    BalasHapus